Cara mengajar berdasarkan Kurikulum Merdeka
1. Pendahuluan
Kita semua sudah pasti tahu, bahwa kurikulum merdeka itu sangat berat untuk dikelola. Namun, saya yakin bila kita menghadapi dengan penuh keberanian dan optimis, maka akan lebih mudah.
2. Memahami materi
Mengenali materi dan mengajar, secara singkat, adalah sebagai berikut:
Mengenali materi dalam Kurikulum Merdeka seperti apa?
Mengenali materi dalam Kurikulum SMP/MTs/SMPLB dan pengertiannya.
Perbedaan antara memahami dan mengajar yang terkait dengan kedua kurikulum tersebut.
3. Menyusun rancangan
Menyusun rancangan adalah salah satu tugas guru yang harus dilakukan dalam mengajar. Rancangan merupakan suatu perencanaan tentang kegiatan yang akan dijalankan, situasi dan kondisi yang dihadapi, cara-cara penyelesaiannya serta hasil yang akan didapatkan.
Rancangan mempunyai peranan penting untuk membantu siswa untuk lebih mengerti materi pelajaran yang diajarkan sehingga memudahkan siswa dalam mengetahuinya. Berikut ini contoh rancangan secara umum:
4. Mendidik siswa untuk memecahkan masalah
Memecahkan masalah adalah kemampuan yang sangat penting bagi siswa.
Siswa yang bisa menemukan solusi masalah dan memberikan jawaban yang tepat, dapat membantu orang lain untuk menyelesaikan masalahnya.
Memecahkan masalah memerlukan kreativitas dan inovasi dari setiap siswa untuk mencapai hasil yang maksimal.
5. Mengajak siswa untuk berpikir kritis dan bertanggung jawab
Menggunakan metode membuat keputusan
Menggunakan metode membuat pilihan
6. Melatih kemampuan menulis/berbahasa Indonesia yang baik dan benar
Untuk mengajar menulis, Anda perlu tahu bagaimana siswa akan dinilai. Dalam hal Kurikulum Merdeka, ada dua macam penilaian: tes tertulis (atau ujian) tugas kelas
7. Guru mesti menghadapi kurikulum merdeka dengan sangat berani.
Kita mesti menghadapi kurikulum merdeka dengan sangat berani.
Kurikulum Merdeka menuntut guru untuk lebih berani, lebih kreatif, dan inovatif.
8. Kesimpulan
Kita mesti menghadapi kurikulum merdeka dengan sangat berani. Kita tidak boleh mengikuti kebijakan yang berlaku di sekolah ataupun pemerintah tanpa mempertanyakannya terlebih dahulu. Kita harus memiliki keberanian untuk mengajar yang lebih baik dan bermanfaat bagi peserta didik kita sendiri.
Semoga bermanfaat
0 komentar:
Posting Komentar