NewsMadrasah – Silabus (Alur dan Tujuan Pembelajaran) SD/MI Kurikulum Merdeka – Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan rangkaian tujuan pembelajaran yang sudah disusun secara sistematis dan logis dalam fase capaian pembelajaran secara utuh dari fase awal hingga akhir.
Pengertian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Berdasarkan modul tentang perangkat ajar yang dirilis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, alur pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara logis menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase.
Bagaimana mengembangkan alur dan tujuan pembelajaran (ATP) ?
Satuan Pendidikan dapat mengembangkan alur dan tujuan pembelajaran (ATP) berdasarkan karakteristik satuan, kebutuhan dan minat anak, kondisi lingkungan sekitar, serta keterkaitannya dengan capaian pembelajaran (CP), sehingga alur dan tujuan pembelajaran antar-tiap satuan dapat sangat berbeda.
ATP diturunkan dari Capaian Pembelajaran (CP) yang merupakan bagian dari elemen-elemen Capaian Pembelajaran (CP) yang dikembangkan di tiap semester. Kemendikbudristek sendiri tidak membuat contoh-contoh untuk menyusun alur pembelajaran, melainkan contoh tujuan pembelajaran, yang dituliskan dalam buku panduan guru.
Alur pembelajaran dianjurkan bersifat fleksibel agara dapat diganti dan dimodifikasi sehingga dapat mengakomodir kebutuhan dan minat anak (berpusat pada anak).
Capaian Pembelajaran (CP)
Capaian Pembelajaran (CP) merupakan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dirangkaikan sebagai satu kesatuan proses yang berkelanjutan sehingga membangun kompetensi yang utuh dari suatu mata pelajaran.
Kompetensi adalah rangkaian dari pengetahuan, keterampilan, disposisi (sikap) tentang ilmu pengetahuan, dan sikap terhadap proses belajar (dorongan untuk belajar dan motivasi untuk menggali konsep lebih dalam). Dengan demikian, keterampilan, pengetahuan, dan sikap tidak seharusnya dipisahkan.
CP kedudukannya di bawah Standar Nasional Pendidikan (SNP), setara dengan KI-KD dalam Kurikulum 2013, dimana CP disusun perfase sebagai upaya penyederhanaan sehingga peserta didik dapat memiliki waktu yang memadai dalam menguasai kompetensi.
Penyusunan CP per fase ini juga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar sesuai dengan tingkat pencapaian (Teaching at the Right Level), kebutuhan, kecepatan, dan gaya belajar mereka. tingkat pencapaian dilihat dari hasil asesmen atau hasil tes diagnostik peserta didik yang dilakukan guru di awal pembelajaran, atau diawal semester.
Selain itu, penyusunan CP per fase berguna bagi guru dan satuan pendidikan. Guru dan satuan pendidikan dapat memperoleh keleluasaan dalam menyesuaikan pembelajaran sehingga selaras dengan kondisi dan karakteristik peserta didik.
Download Alur dan Tujuan Pembelajaran SD Kurikulum Merdeka
Selengkapnya File Alir dan Tujuan Pembelajaran SD/MI Murikulum Merdeka, dapat di Download melalui link di bawah ini.:
- Bahasa Indonesia
- Bahasa Inggris
- Matematika
- IPA
- Pendidikan Agama Budha & Budi Pekerti
- Pendidikan Agama Hindu & Budi Pekerti
- Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
- Pendidikan Agama Katolik & Budi Pekerti
- Pendidikan Agama Kristen & Budi Pekerti
- Pendidikan Agama Khonghucu & Budi Pekerti
- Pendidikan Kepercayaan kepada Tuhan YME
- Penjas PJOK
- Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan
- Seni Musik
- Seni Rupa
- Seni Tari
- Seni Teater
0 komentar:
Posting Komentar